Menyimpan ASIP Saat Mati Lampu

menyimpan asip saat mati lampu 300x300 Menyimpan ASIP Saat Mati Lampu

Menyimpan ASIP saat mati lampu, ibu yang sudah menyadari begitu besarnya manfaat ASI bagi bayi, sejak kehamilan ibu sudah bertekad dengan kuat untuk menyusui bayi nya minimal 2 tahun. Sebagai ibu yang bekerja beberapa persiapan ibu lakukan untuk membantu kesuksesan ibu saat menyusui. Sebelum kembali untuk bekerja ibu juga harus menyiapkan beberapa peralatan yang harus disiapkan untuk membantu pada saat proses menyusui ketika ibu kembali bekerja, seperti pompa ASI untuk memerah ASI ibu ketika di kantor, botol kaca asi untuk menyimpan ASI hasil perahan ibu, cooler bag asi untuk membawa ASI perah ibu ketika di perjalanan yang sudah dilengkapi dengan ice gel asi di dalam nya untuk menjaga suhu ASI perah tetap segar ketika sampai di rumah dan di masukan kedalam freezer untuk stok agar bayi bisa tetap terpenuhi kebutuhan ASI nya ketika ibu pergi ke kantor. Ketika stok ASI dirumah sudah cukup untuk bayi, ibu pun akan tenang ketika akan pergi ke kantor.

 

Untuk sampai masih sering turun hujan dan kadang ada beberapa daerah yang sampai terkena banjir, jika terjadi banjir pasti ada saja untuk pemadaman listrik karena terjadi banjir. Jika didaerah ibu terkena untuk pemadaman listrik terus bagaimana untuk ASI perah ibu yang ada di freezer? Ibu tidak perlu khawatir berikut untuk beberapa tips yang bisa ibu lakukan jika terjadi pemadaman

 

  1. Sebelum mati listrik selalu siapkan beberapa ice gel asi di dalam freezer, ice gel asi akan membantu menjaga suhu freezer jika nanti mati listrik.
  2. Pastikan pintu kulkas atau freezer tidak dibuka tutup pada saat mati listrik. Jika perlu tempel catatan yang ukuran nya besar agar orang rumah yang lainnya juga tidak membuka kulkas atau freezer pada saat mati listrik.
  3. Siapkan rencana cadangan jika nanti mati listrik nya akan sangat lama. Minta bantuan saudara atau kerabat yang didaerah nya tidak terkena pemadaman listrik dan kulkas atau freezer nya bisa digunakan untuk menyimpan ASIP (ASI perah).
  4. Jika ternyata ada sebagian ASIP yang mencair seluruhnya, jangan langsung dibuang karena ASIP yang sudah mencair seluruhnya masih bisa untuk dikonsumsi dalam 24 jam sejak ASIP mencair seluruhnya, prioritaskan ASIP yang sudah mencair untuk diminumkan kepada bayi. Jika masih ada titik beku nya maka ASIP dapat dibekukan kembali.

 

Sekian untuk beberapa langkah yang dapat ibu lakukan untuk menjaga ASIP jika di tempat ibu mengalami pemadaman listrik. Semoga dapat membantu para ibu yang sudah menyetok ASI nya banyak di dalam freezer dan mengalami mati listrik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>